Sulit untuk membayangkan kalau hidup tanpa internet di jaman canggih seperti sekarang, Tapi yang menakjubkan adalah efek dari internet di kehidupan kita. tapi Percaya atau tidak masih ada banyak orang yang bahkan tidak memiliki PC dan terkoneksi ke internet, tetapi sekarang jumlah tersebut sudah berkurang setiap tahunnya. Ini membawa kita ke pikiran bahwa internet selain memiliki Dampak negatif tetapi juga bisa bermanfaat di era teknologi internet ini,
Ini hanya sebagian dari apa yang saya sebut "manfaat internet" kemajuan dari era teknologi internet. Produktivitas dan keuntungan pribadi yang internet telah diberikan kepada dunia sangat luar biasa. Daftar ini tidak dimaksudkan untuk menjadi komprehensif tetapi ini adalah beberapa manfaat dari internet favorit saya. Berikut ini adalah 5 manfaat dan keuntungan dari internet.
1. Alat Komunikasi
Komunikasi di bedakan menjadi 3 bagian yaitu : tatap muka, percakapan telepon, dan chatting atau mail, email adalah metode komunikasi yang sangat disukai sekarang, karena metode ini tidak langsung kebanyakan orang lebih memilih metode ini karena kita dapat memilih untuk merespons atau tidak - dan bisa menyampaikan pesan Anda tanpa harus tatap muka atau berkomunikasi secara langsung.
2. online Banking
Jika Anda belum mulai perbankan online, Anda pasti harus mempertimbangkan itu lagi, Alasan untuk melakukannya online Banking sangat banyak, seperti: Anda tidak harus terus-menerus menulis cek untuk membayar tagihan Anda, menjilat amplop, dan membeli perangko. Anda dapat dengan mudah membayar tagihan rutin dengan beberapa klik dan pembayaran akan dilakukan secara elektronik pada hari yang tepat untuk menghindari biaya terlambat.
3. Pencarian (Searching)
Suatu hari ketika anda ingin belajar lebih lanjut dan mengetahui tentang topik-topik atau berita - berita tertentu tentunya Anda akan membuka sebuah buku, ensiklopedia atau kamus, tapi tidak semua informasi dapat kita temui di buku atau kamus saja, nah dengan adanya internet kita bisa mencarinya di mesin pencari cepat yang dapat memberi kita ribuan link berdasarkan kata kunci tertentu. atau search engine seperti Google, yahoo, dll,
4. Belanja online
Anda selalu dapat menemukan secara online. jika anda tidak bisa menemukan baju merk A, sepatu merek B dan untuk kebutuhan lainnya di toko-toko lokal kenapa kita tidak mencoba untuk menemukannya secara online di website toko online yang sekarang ini telah menjamur dan mungkin sedang menjadi trend Berbelanja melalui Toko Online di jaman sekarang, kemungkinan kebutuhan yang anda inginkan bisa anda temukan secara online tanpa harus keluar rumah.
5. Memasarkan produk
Dengan popularitas internet, telah terjadi ledakan di konten online, Sebagai hasil dari ini ada keuntungan besar dalam memasarkan produk anda, dan ini merupakan kesempatan yang luar biasa di dunia online dan kita bisa Mencari tambahan penghasilan melalui Internet. Sebagai contoh Ketika kamu memasang iklan usaha dimedia cetak. Bagaimana agar pembaca bisa lebih mengetahui lebih detail profil produk yang anda jual, sementara ruang lingkup yang terbatas dan Tentunya website sebagai sarananya. Disamping lebih efektif dan akan memudahkan penjualan, calon customer mencari tau apa yang anda tawarkan, juga usaha akan terlihat lebih profesional dan penjualan tidak hanya sebatas lokal saja. Tetapi ke seluruh Indonesia atau bahkan international.
Sumber
Selasa, 27 Desember 2011
Teman Baru Account Facebook Anda Bisa Jadi "bot" atau "zombie"..!!
zombie mungkin akan menghampiri dan datang ke jejaring sosial di dekat Anda dan bahkan sistem pertahanan kebanggaan Facebook mungkin tidak dapat menghentikan mereka.
Para peneliti baru memiliki cerita menarik tentang sejauh mana Facebook pergi untuk memerangi penjahat cyber.
Sistem kekebalan Facebook, itu sangat mungkin, mekanisme keamanan jaringan terbesar yang paling komprehensif di planet ini. FIS scan hingga 650.000 status update, foto, dan video yang diposting setiap detik, lebih dari 25 miliar per hari, menggunakan AI untuk mengidentifikasi perilaku yang mencurigakan dan menjurus tanda-tanda spamm.
Akibatnya, kurang dari 4 persen pesan adalah spam, yang berarti hanya sekitar 1 dari 200 pengguna Facebook yang dipengaruhi oleh spamm setiap hari. Untuk kata lain, 4 juta Facebookers masih mendapatkan spam dan scam setiap 24 jam.
Yazan Boshmaf, Ildar Muslukhov, Konstantin Beznosov, Matei Ripeanu berhasil membuat lubang di jaring keamanan Facebook menggunakan "socialbots" potongan perangkat lunak yang terlihat dan bertindak seperti manusia secara online.
Crew UBC menciptakan kode yang bisa masuk ke jaringan sosial dan secara otomatis membuat user account palsu, tidak ada intervensi manusia yang dibutuhkan. Seperti spammer manusia "bot atau zombie" ini membuat account menggunakan foto seorang bayi atau gambar download dari situs, dan menggunakan web crawler untuk mengikis dari profil publik lainnya menggunakan perintah dan perangkat lunak kontrol untuk membuat zombie melakukan penawaran.
Para peneliti menciptakan 102 zombie socialbot (49 laki-laki, 53 perempuan) dan dioperasikan selama 8 minggu. Mereka mengirimkan lebih dari 8500 permintaan teman secara acak, lebih dari 3000 pengguna Facebook menconfirm ya. (Para bots perempuan menghasilkan tingkat signifikan lebih tinggi) Mereka kemudian mengambil data pribadi dari account, tanggal lahir, lokasi, alamat, nomor telepon, dll.
Rata-rata bots mampu menyedot 35 persen dari informasi pribadi dari jaringan langsung mereka, dan sampai 24 persen dari jaringan diperpanjang.
Bagaimana FIS lakukan terhadap socialbots?. Hanya 20 dari zombie socialbot dapat diblokir, semua dari mereka bot perempuan, dan semua karena pengguna Facebook lainnya ditandai sebagai spam. FIS dasarnya tidak melakukan apa pun untuk menghentikan mereka.
Selain dari pencurian informasi Anda untuk tujuan rekayasa sosial (yaitu, menipu Anda), bot tersebut dapat digunakan untuk memanipulasi opini publik dalam skala besar, menciptakan kampanye dan menyebarkan propaganda.
Sumber
Para peneliti baru memiliki cerita menarik tentang sejauh mana Facebook pergi untuk memerangi penjahat cyber.
Sistem kekebalan Facebook, itu sangat mungkin, mekanisme keamanan jaringan terbesar yang paling komprehensif di planet ini. FIS scan hingga 650.000 status update, foto, dan video yang diposting setiap detik, lebih dari 25 miliar per hari, menggunakan AI untuk mengidentifikasi perilaku yang mencurigakan dan menjurus tanda-tanda spamm.
Akibatnya, kurang dari 4 persen pesan adalah spam, yang berarti hanya sekitar 1 dari 200 pengguna Facebook yang dipengaruhi oleh spamm setiap hari. Untuk kata lain, 4 juta Facebookers masih mendapatkan spam dan scam setiap 24 jam.
Yazan Boshmaf, Ildar Muslukhov, Konstantin Beznosov, Matei Ripeanu berhasil membuat lubang di jaring keamanan Facebook menggunakan "socialbots" potongan perangkat lunak yang terlihat dan bertindak seperti manusia secara online.
Crew UBC menciptakan kode yang bisa masuk ke jaringan sosial dan secara otomatis membuat user account palsu, tidak ada intervensi manusia yang dibutuhkan. Seperti spammer manusia "bot atau zombie" ini membuat account menggunakan foto seorang bayi atau gambar download dari situs, dan menggunakan web crawler untuk mengikis dari profil publik lainnya menggunakan perintah dan perangkat lunak kontrol untuk membuat zombie melakukan penawaran.
Para peneliti menciptakan 102 zombie socialbot (49 laki-laki, 53 perempuan) dan dioperasikan selama 8 minggu. Mereka mengirimkan lebih dari 8500 permintaan teman secara acak, lebih dari 3000 pengguna Facebook menconfirm ya. (Para bots perempuan menghasilkan tingkat signifikan lebih tinggi) Mereka kemudian mengambil data pribadi dari account, tanggal lahir, lokasi, alamat, nomor telepon, dll.
Rata-rata bots mampu menyedot 35 persen dari informasi pribadi dari jaringan langsung mereka, dan sampai 24 persen dari jaringan diperpanjang.
Bagaimana FIS lakukan terhadap socialbots?. Hanya 20 dari zombie socialbot dapat diblokir, semua dari mereka bot perempuan, dan semua karena pengguna Facebook lainnya ditandai sebagai spam. FIS dasarnya tidak melakukan apa pun untuk menghentikan mereka.
Selain dari pencurian informasi Anda untuk tujuan rekayasa sosial (yaitu, menipu Anda), bot tersebut dapat digunakan untuk memanipulasi opini publik dalam skala besar, menciptakan kampanye dan menyebarkan propaganda.
Sumber
"Motoactv Watch Computer" Proyek Masa Depan Google & Apple
Mungkin tidak pernah kita bayangkan jika sebelumnya sebuah komputer yang dulu berukuran sangat besar sekarang bisa menjadi tablet atau ponsel pintar untuk era teknologi jaman sekarang. tetapi di masa depan, kedua perusahaan raksasa ini bakal membuat piranti komputer menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah dibawa bepergian.
Apple dan Google bekerja keras untuk mewujudkan project masa-depan untuk konsumen elektronik generasi berikutnya, Kedua perusahaan raksasa ini telah bekerja secara independen, tetapi menuju tujuan yang sama, Apple sepertinya akan menguji beberapa jenis iPod dengan kaca melengkung yang akan dikenakan di pergelangan tangan, dengan navigasi ditangani oleh Siri program yang dikontrol oleh suara, Sebuah kelompok karyawan Apple terlibat dalam proyek ini.
Apple dan Google masing-masing telah memulai proyek tersebut sejak setahun lalu. Tujuan utamanya hanya satu, yaitu ingin menjual lebih banyak produk ponsel pintarnya. Proyek bersama yang mempunyai tujuan ingin membuat piranti komputasi yang bisa dipakai di pergelangan tangan.
Dan sekarang Motorola telah mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan perangkat MOTOACTV mereka di pasaran. Perangkat ini akan diumumkan bersama dengan Motorola Razr. sebuah langkah evolusioner dari Motorola MOTOACTV dan iPod Nano terbaru, Apple dan Google dikabarkan bekerja pada perangkat komputer baru untuk bekerja bersama smartphone.
peripheral yang berkomunikasi dengan perangkat Android, menampilkan pemberitahuan, dan informasi-informasi yang berguna lainnya. MOTOACTV mampu memantau latihan di samping bekerja sebagai media player portabel. Hal ini juga kompatibel dengan ponsel Motorola baru dan dapat menampilkan pemberitahuan dari ponsel saat Anda berjalan. Perangkat ini kemungkinan akan dijual dengan harga sekitar 390 USD dipasar Inggris.
2016 komputer bisa dikendalikan oleh pikiran "mind-controlled PCs"
Perusahaan teknologi raksasa IBM memprediksi bahwa komputer yang bisa dikendalikan oleh pikiran "mind-controlled PCs" akan beredar dipasaran sekitar 5 tahun kedepan. Perusahaan teknonogi raksasa sebelumnya seperti Apple, Google dan Microsoft sudah mengeluarkan alat yang dikendalikan berdasarkan suara dan gerakan tubuh di depan sebuah kamera. Tetapi IBM memiliki rencana lain yang jauh lebih canggih, yaitu komputer yang akan dapat dikendalikan oleh pikiran.
"Membaca pikiran adalah angan-angan untuk para penggemar fiksi ilmiah selama puluhan tahun, tapi mereka ingin segera hal ini bisa menjadi kenyataan," -- Daily Mail. Perusahaan ini menyelidiki teknologi smartphone dan PC di mana Anda hanya akan perlu untuk memikirkan untuk menelepon seseorang, dan hal itu akan terjadi.
Prediksi itu bagian dari laporan tahunan IBM "Five in Five". Perusahaan ini juga meramalkan bahwa pada tahun 2016, password akan dihilangkan. mungkin di 5 tahun mendatang jika prediksi ini terwujud password akan dihilangkan karena tidak akan berguna karena semua akan dikendalikan oleh pikiran kita.
Karena sulit mengingat string angka dan huruf akan digantikan oleh pembaca biometrik dan dengan membaca hal-hal unik seperti bentuk wajah Anda. seperti yang digunakan Pembuat komputer "Alienware" yang sudah menggunakan keamanan "biometrik" dimana laptop mengenali orang melalui penanda "biometrik" seperti bentuk wajah mereka yang tidak jauh berbeda dengan kebutuhan untuk password yang kompleks.
Bukan mustahil teknologi yang lebih canggih yang dapat memungkinkan kita setidaknya untuk memindahkan pointer mouse pada tahun 2016, meskipun tampaknya lebih mungkin bahwa para pembuat PC akan menggunakan teknologi yang ada seperti Webcam yang memungkinkan kita untuk mengontrol PC melalui mata kita sebagai gantinya.
"membaca pikiran" sebelumnya sudah digunakan dalam permainan seperti Mattel Mindflex, di mana Anda mengenakan ikat kepala membaca dan berkonsentrasi untuk menaikkan dan menurunkan bola dipertengahan udara dengan jet udara yang merespon gelombang otak Anda. Mattel diatur untuk mengungkap versi baru Mindflex 2 pada Consumer Electronics Show pada bulan Januari.
Foto Capung dari Batam Jadi Pemenang Kontes Foto National Geographic 2011
National Geographic telah mengumumkan para pemenang kontes fotografi 2011 di seluruh dunia yang dipublikasikan di majalahnya.
Para pemenang diambil dari pengajuan secara digital pada tiga kategori: orang (people), tempat (place) dan alam (nature) kemudian dinilai oleh tiga fotografer National Geographic.
Para juri memberi bobot yang sama pada kreativitas dan kualitas foto ketika memutuskan pemenangnya, termasuk hadiah utama kategori nature yang diberikan kepada pemenang pertama sebuah foto seekor capung.
Cipratan air pada seekor capung yang bertajuk Splashing, diambil gambarnya oleh Shikhei Goh, seorang fotografer di Kepulauan Riau, Indonesia saat keduanya terjebak dalam hujan yang tiba-tiba, telah memenangkan uang sebesar $ 10.000.
Ini digambarkan sebagai "citra macrophotography yang sangat mencolok membawanya menjadi juara dalam kategori alam bagi karena orisinalitasnya, cahaya yang indah, aksi yang langka dalam gambar close-up, serta kesempurnaan teknis," ujar juri Tim Laman kepada National Geographic, Kamis (22/12).
Dalam kategori tempat (place), sebuah foto berjudul Into the Green Zone menjadi juara pertama saat pelangi melengkung di atas samudra di Pulau Onuk, Filipina.
Untuk kategori orang (people), foto berjudul The Fjellman Family karya Izabelle Nordfjell saat seorang pemburu rusa Swedia mencari makanan bagi keluarganya menggunakan senapan, memenangkan juara pertama.
Ni yang foto capung nya ,
Para pemenang diambil dari pengajuan secara digital pada tiga kategori: orang (people), tempat (place) dan alam (nature) kemudian dinilai oleh tiga fotografer National Geographic.
Para juri memberi bobot yang sama pada kreativitas dan kualitas foto ketika memutuskan pemenangnya, termasuk hadiah utama kategori nature yang diberikan kepada pemenang pertama sebuah foto seekor capung.
Cipratan air pada seekor capung yang bertajuk Splashing, diambil gambarnya oleh Shikhei Goh, seorang fotografer di Kepulauan Riau, Indonesia saat keduanya terjebak dalam hujan yang tiba-tiba, telah memenangkan uang sebesar $ 10.000.
Ini digambarkan sebagai "citra macrophotography yang sangat mencolok membawanya menjadi juara dalam kategori alam bagi karena orisinalitasnya, cahaya yang indah, aksi yang langka dalam gambar close-up, serta kesempurnaan teknis," ujar juri Tim Laman kepada National Geographic, Kamis (22/12).
Dalam kategori tempat (place), sebuah foto berjudul Into the Green Zone menjadi juara pertama saat pelangi melengkung di atas samudra di Pulau Onuk, Filipina.
Untuk kategori orang (people), foto berjudul The Fjellman Family karya Izabelle Nordfjell saat seorang pemburu rusa Swedia mencari makanan bagi keluarganya menggunakan senapan, memenangkan juara pertama.
Ni yang foto capung nya ,
Nyamuk Mendinginkan Tubuhnya dengan Urin?
NEW YORK - Umumnya, serangga penghisap darah makan sambil mengeluarkan urin. Perilaku ini merupakan upaya agar mereka tidak menghisap terlalu banyak cairan dan mendapat lebih banyak nutrisi dari makanannya.
Namun beberapa spesies nyamuk mengeluarkan sesuatu yang disebut "pre-urin". Mereka mengeluarkan darah yang baru saja dihisapnya, tanpa mengambil sari-sari nutrisi yang dikandung sel darah tersebut.
Dilansir Nytimes, Senin (26/12/2011), perilaku seperti ini membuat banyak ilmuwan bingung, karena darah merupakan sumber nutrisi yang sangat berharga.
"Darah adalah sumber daya yang sangat berharga. Menghisapnya memiliki risiko yang sangat besar," kata Claudio R. Lazzari, seorang entomologis (ahli serangga) dari Francois Rabelais University di Perancis.
Penelitian terbaru yang dilakukan Lazzari dan rekan-rekannya, dipublikasikan dalam jurnal Current Biology, menunjukkan bahwa pre-urin nampaknya merupakan cara nyamuk untuk mencegah kelebihan panas, ketika mereka menghisap darah. Sedangkan suhu darah sendiri mencapai 104 derajat Farenheit (40 derajat Celcius), bergantung pada pemilik darah tersebut.
Hitungan kasarnya, 1 sampai 2 menit setelah seekor nyamuk Anopheles stensi mulai menghisap darah, dia akan mengeluarkan urin atau pre-urin lewat anus. Kadang, tetes cairan tersebut akan menggelantung pada tubuh nyamuk, sebelum akhirnya terjatuh. Saat hal ini terjadi, beberapa bagian dari cairan itu akan menguap seperti keringat, dan mendinginkan perut nyamuk sampai sekira 4 derajat.
Nyamuk juga memakan nektar (sari bunga yang mengandung gula), namun mereka cenderung tidak mengeluarkan cairan pre-urin saat memakan makanan bersuhu lebih rendah dan terbentuk dari gula
Sumber
Namun beberapa spesies nyamuk mengeluarkan sesuatu yang disebut "pre-urin". Mereka mengeluarkan darah yang baru saja dihisapnya, tanpa mengambil sari-sari nutrisi yang dikandung sel darah tersebut.
Dilansir Nytimes, Senin (26/12/2011), perilaku seperti ini membuat banyak ilmuwan bingung, karena darah merupakan sumber nutrisi yang sangat berharga.
"Darah adalah sumber daya yang sangat berharga. Menghisapnya memiliki risiko yang sangat besar," kata Claudio R. Lazzari, seorang entomologis (ahli serangga) dari Francois Rabelais University di Perancis.
Penelitian terbaru yang dilakukan Lazzari dan rekan-rekannya, dipublikasikan dalam jurnal Current Biology, menunjukkan bahwa pre-urin nampaknya merupakan cara nyamuk untuk mencegah kelebihan panas, ketika mereka menghisap darah. Sedangkan suhu darah sendiri mencapai 104 derajat Farenheit (40 derajat Celcius), bergantung pada pemilik darah tersebut.
Hitungan kasarnya, 1 sampai 2 menit setelah seekor nyamuk Anopheles stensi mulai menghisap darah, dia akan mengeluarkan urin atau pre-urin lewat anus. Kadang, tetes cairan tersebut akan menggelantung pada tubuh nyamuk, sebelum akhirnya terjatuh. Saat hal ini terjadi, beberapa bagian dari cairan itu akan menguap seperti keringat, dan mendinginkan perut nyamuk sampai sekira 4 derajat.
Nyamuk juga memakan nektar (sari bunga yang mengandung gula), namun mereka cenderung tidak mengeluarkan cairan pre-urin saat memakan makanan bersuhu lebih rendah dan terbentuk dari gula
Sumber
Koprol: Jejaring Sosial Indonesia yang Mendunia
Jadi inget dulu, sempet agak sering main di yahoo koprol , tapi udah engga lagi :p
Sebelum pencinta jejaring sosial berbasis lokasi mengenal Foursquare, Indonesia juga mempunyai layanan sejenis yang tidak jauh berbeda, yaitu Koprol. Dibangun oleh Satya Witoelar, bersama kawannya Fajar dan Daniel, Koprol tidak hanya berkembang di tanah air tapi hingga ke dunia.
Simak wawancara okezone dengan salah satu pendiri Koprol Satya Witoelar, mengenai lika-liku perjalanan situs jejaring sosial ini mulai dari awal hingga dikenal sampai ke seluruh dunia, terutama saat diakuisisi oleh Yahoo.
Bagaimana sejarah proses mendirikan Koprol ini?
Awalnya, kawan saya, co-founder, yang namanya Fajar dan Daniel ini punya perusahaan, namanya Skyeight. Dia sudah doing good mengerjakan proyek-proyek software biasa, lalu ingin mengerjakan proyek sampingan yang bukan untuk layanan, tapi untuk diri sendiri saja. Dibuat untuk orang Indonesia, jadi tidak ditujukan khusus untuk smartphone.
Jadi awalnya bukan untuk tujuan bisnis, tapi hanya portfolio saja. Ternyata ini mendapat sambutan baik sekali dari rekan-rekan pers, juga komunitas atau geek-nya. Zaman itu, sekitar tahun 2009, Facebook sedang menjadi mainstream, jadinya kita ikut terbawa. Awalnya tidak ada niat untuk membuat proyek ini sebagai sumber penghasilan, tapi tentunya kami ingin proyek ini bisa jalan sendiri.
Lalu soal ide untuk membuat jejaring sosial berbasis lokasi, bagaimana caranya bisa mendapat ide seperti itu?
Ide berbasis lokasi ini berawal dari keinginan kita membuat sesuatu yang mobile. Lagi-lagi, ini cara berpikir seorang developer, bukan bussinessman. Kalau orang bisnis mencari celah yang bisa raih keuntungan, kita tidak. Kita berpikir, apa sih yang bisa dikembangkan.
Kami maunya mobile, lalu waktu itu sedang tren social network. Dari situ saja, kemudian kita berpikir mobile, social network, Indonesia banget. Kalau cuma mobile dan social network, saat itu sudah ada di Amerika, misalnya Brightkite, Loop, dan lain-lain.
Bedanya orang Indonesia itu terbuka banget dalam socialize. Jadi kalau orang Amerika bikin Facebook atau Myspace untuk update teman, orang kita malah memakainya untuk mencari teman baru. Jadi kita bikin Koprol berbasis lokasi dan kita bisa ngobrol dengan orang yang mengaku berada di lokasi sama.
Di Koprol juga ada komunitas. Ajaibnya, komunitas-komunitas di Koprol sampai membuat logo sendiri, juga punya waktu-waktu tertentu untuk kopi darat.
Soal akuisisi Yahoo, sejarahnya bagaimana?
Akuisisi itu di bulan mei 2010, lebih dari setahun setelah Koprol dibuat. Karena bermula dari iseng, kita tidak menyangka akan terjadi seperti ini.
Tidak lama setelah launching, banyak investor yang datang. Kami kaget juga. Kami tidak langsung menyetujui tawaran-tawaran investasi itu. Kami ingin produk kami bisa berjalan sejauh yang dia mampu.
Waktu Yahoo datang, mungkin dia sudah pihak ke 10. Awalnya kita tidak langsung menyatakan setuju. Kita pikir-pikir dari semua yang datang, Yahoo berbeda. Ini adalah perusahaan yang sudah tahu bagaimana mengurus produk untuk jutaan orang. Dia juga tidak membeli produk ini untuk dileburkan ke dalam produknya yang lain.
Yahoo melihat pada keunikan produknya. Karena produk ini memang kita desain untuk orang Indonesia, produk seperti ini tidak tidak kepikiran oleh orang Amerika.
Bagaimana dengan inovasi-inovasi baru untuk Koprol?
Sejak kita gabung dengan Yahoo ada banyak sekali inovasi. Saya bisa kasih beberapa highlight saja. Misalnya awa tahun ini kita meluncurkan Koprol for Business. Ini sudah kami rencanakan sebelum akuisisi, tapi baru kesampaian. jadi bisnis kecil, siapapun bisa gratis mempunyai hlaman, di bisa klaim lokasi dia di Koprol dan ngobrol dengan pengunjungnya. Ada 3.000 bisnis account sejak kami buka. Kita tidak memberikan fitur untuk e-commerce, tapi lebih mengedepankan conversation.
Tinggal bagaimana pengguna memanfaatkan platform kami. Fiturnya banyak, seperti statistik untuk mengetahui ada berapa banyak pengunjung, bisa ganti wallpaper juga.
Setiap bulan selalu ada fitur baru. Kedua stamps, ini untuk meningkatkan sosialisasi penggunanya. Kalo di sosial network lain ada badges atau award kalau kita melakukan sesuatu.
Ini beda, jadi kalau kita aktif, nanti akan dapet stamp atau label. Misalnya Cool, Sexy, atau Awesome. Tapi ini harus ditempel ke user lainnya, bukan untuk dia. Bisa kasih ke temennya, orang yang belum kenal, atau lagi pedekate, dan sebagainya. Dia juga tidak bisa milih dapat stamp apa. Ini yang bikin fun dan membuat hubungan antar user jadi lebih hangat.
Selanjutnya kita ada fitur untuk Android, dan yang paling baru itu fitur untuk Blackberry Messenger 6. Smartphone ini kan sesuai dengan pasar Indonesia. Di fitur untuk blackberry tersebut, yang paling menyenangkan itu adalah kita bisa chat langsung dengan orang sekitar lewat BBM, ini tanpa harus tukeran PIN. Jadi bisa ada informasi soal lokasi yang relevan, tapi tanpa mengusik privasi. Sekarang kita lagi ngomongin BBM6 tapi di ruang meeting sana-sini sedang menyiapkan langkah selanjutnya.
User Koprol sendiri bagaimana perkembangannya?
Ketika diakuisisi Yahoo, waktu itu user Koprol sedang naik-naiknya, sekitar 75.000. Sekarang usernya sudah berkembang sekira 1.500.000 orang, tapi yang paling kita banggakan adalah user nambah dan inovasi jalan terus. Yang asik itu, bedanya Indonesia dengan negara lain, user-nya nambah terus. Sekarang kita masih berlomba menggaet user-user baru.
Sumber
Sebelum pencinta jejaring sosial berbasis lokasi mengenal Foursquare, Indonesia juga mempunyai layanan sejenis yang tidak jauh berbeda, yaitu Koprol. Dibangun oleh Satya Witoelar, bersama kawannya Fajar dan Daniel, Koprol tidak hanya berkembang di tanah air tapi hingga ke dunia.
Simak wawancara okezone dengan salah satu pendiri Koprol Satya Witoelar, mengenai lika-liku perjalanan situs jejaring sosial ini mulai dari awal hingga dikenal sampai ke seluruh dunia, terutama saat diakuisisi oleh Yahoo.
Bagaimana sejarah proses mendirikan Koprol ini?
Awalnya, kawan saya, co-founder, yang namanya Fajar dan Daniel ini punya perusahaan, namanya Skyeight. Dia sudah doing good mengerjakan proyek-proyek software biasa, lalu ingin mengerjakan proyek sampingan yang bukan untuk layanan, tapi untuk diri sendiri saja. Dibuat untuk orang Indonesia, jadi tidak ditujukan khusus untuk smartphone.
Jadi awalnya bukan untuk tujuan bisnis, tapi hanya portfolio saja. Ternyata ini mendapat sambutan baik sekali dari rekan-rekan pers, juga komunitas atau geek-nya. Zaman itu, sekitar tahun 2009, Facebook sedang menjadi mainstream, jadinya kita ikut terbawa. Awalnya tidak ada niat untuk membuat proyek ini sebagai sumber penghasilan, tapi tentunya kami ingin proyek ini bisa jalan sendiri.
Lalu soal ide untuk membuat jejaring sosial berbasis lokasi, bagaimana caranya bisa mendapat ide seperti itu?
Ide berbasis lokasi ini berawal dari keinginan kita membuat sesuatu yang mobile. Lagi-lagi, ini cara berpikir seorang developer, bukan bussinessman. Kalau orang bisnis mencari celah yang bisa raih keuntungan, kita tidak. Kita berpikir, apa sih yang bisa dikembangkan.
Kami maunya mobile, lalu waktu itu sedang tren social network. Dari situ saja, kemudian kita berpikir mobile, social network, Indonesia banget. Kalau cuma mobile dan social network, saat itu sudah ada di Amerika, misalnya Brightkite, Loop, dan lain-lain.
Bedanya orang Indonesia itu terbuka banget dalam socialize. Jadi kalau orang Amerika bikin Facebook atau Myspace untuk update teman, orang kita malah memakainya untuk mencari teman baru. Jadi kita bikin Koprol berbasis lokasi dan kita bisa ngobrol dengan orang yang mengaku berada di lokasi sama.
Di Koprol juga ada komunitas. Ajaibnya, komunitas-komunitas di Koprol sampai membuat logo sendiri, juga punya waktu-waktu tertentu untuk kopi darat.
Soal akuisisi Yahoo, sejarahnya bagaimana?
Akuisisi itu di bulan mei 2010, lebih dari setahun setelah Koprol dibuat. Karena bermula dari iseng, kita tidak menyangka akan terjadi seperti ini.
Tidak lama setelah launching, banyak investor yang datang. Kami kaget juga. Kami tidak langsung menyetujui tawaran-tawaran investasi itu. Kami ingin produk kami bisa berjalan sejauh yang dia mampu.
Waktu Yahoo datang, mungkin dia sudah pihak ke 10. Awalnya kita tidak langsung menyatakan setuju. Kita pikir-pikir dari semua yang datang, Yahoo berbeda. Ini adalah perusahaan yang sudah tahu bagaimana mengurus produk untuk jutaan orang. Dia juga tidak membeli produk ini untuk dileburkan ke dalam produknya yang lain.
Yahoo melihat pada keunikan produknya. Karena produk ini memang kita desain untuk orang Indonesia, produk seperti ini tidak tidak kepikiran oleh orang Amerika.
Bagaimana dengan inovasi-inovasi baru untuk Koprol?
Sejak kita gabung dengan Yahoo ada banyak sekali inovasi. Saya bisa kasih beberapa highlight saja. Misalnya awa tahun ini kita meluncurkan Koprol for Business. Ini sudah kami rencanakan sebelum akuisisi, tapi baru kesampaian. jadi bisnis kecil, siapapun bisa gratis mempunyai hlaman, di bisa klaim lokasi dia di Koprol dan ngobrol dengan pengunjungnya. Ada 3.000 bisnis account sejak kami buka. Kita tidak memberikan fitur untuk e-commerce, tapi lebih mengedepankan conversation.
Tinggal bagaimana pengguna memanfaatkan platform kami. Fiturnya banyak, seperti statistik untuk mengetahui ada berapa banyak pengunjung, bisa ganti wallpaper juga.
Setiap bulan selalu ada fitur baru. Kedua stamps, ini untuk meningkatkan sosialisasi penggunanya. Kalo di sosial network lain ada badges atau award kalau kita melakukan sesuatu.
Ini beda, jadi kalau kita aktif, nanti akan dapet stamp atau label. Misalnya Cool, Sexy, atau Awesome. Tapi ini harus ditempel ke user lainnya, bukan untuk dia. Bisa kasih ke temennya, orang yang belum kenal, atau lagi pedekate, dan sebagainya. Dia juga tidak bisa milih dapat stamp apa. Ini yang bikin fun dan membuat hubungan antar user jadi lebih hangat.
Selanjutnya kita ada fitur untuk Android, dan yang paling baru itu fitur untuk Blackberry Messenger 6. Smartphone ini kan sesuai dengan pasar Indonesia. Di fitur untuk blackberry tersebut, yang paling menyenangkan itu adalah kita bisa chat langsung dengan orang sekitar lewat BBM, ini tanpa harus tukeran PIN. Jadi bisa ada informasi soal lokasi yang relevan, tapi tanpa mengusik privasi. Sekarang kita lagi ngomongin BBM6 tapi di ruang meeting sana-sini sedang menyiapkan langkah selanjutnya.
User Koprol sendiri bagaimana perkembangannya?
Ketika diakuisisi Yahoo, waktu itu user Koprol sedang naik-naiknya, sekitar 75.000. Sekarang usernya sudah berkembang sekira 1.500.000 orang, tapi yang paling kita banggakan adalah user nambah dan inovasi jalan terus. Yang asik itu, bedanya Indonesia dengan negara lain, user-nya nambah terus. Sekarang kita masih berlomba menggaet user-user baru.
Sumber
Langganan:
Postingan (Atom)